Kamis, 09 Oktober 2014

Bagi Zakat dan Infaq

KORPRI-BAZ Bagi Zakat dan Infaq
Kamis, 24 Juli 2014 - 12:58
KORPRI Kota Mojokerto bekerjasama dengan Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Mojokerto mendistribusikan Zakat Fitrah, zakat Maal dan Infaq dari anggota KORPRI dalam upacara pentasyarufan yang digelar di Pendopo Graha Praja Wijaya, Kamis (24/7). Dalam upacara yang dibuka oleh Walikota Mas’ud Yunus sekaligus Ketua BAZ Kota Mojokerto, acara juga dihadiri Wakil Ketua Dewan Pengurus KOPRI, Forpimda, Kepala SKPD, Camat, Lurah, serta para penerima zakat.
 
 Dalam laporan yang disampaikan oleh Syamsyuri Arif selaku Ketua Panitia Zakat KORPRI, maksud kegiatan ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anggota KORPRI dalam memenuhi kewajiban membayar zakat dan infaq sesuai syariat Islam. 
 
Disampaikan pula hasil penerimaan zakat fitrah dan infaq berupa uang dari anggota Korpri dari 54 unit/sub unit/Kecamatan/Kelurahan sebanyak 2.763 orang x @Rp. Rp. 27.500,- terkumpul sebesar Rp. 5.982.500,- sedangkan infaq dari Kopri sebanyak 58 unit Rp. 21.580.500,- total uang sebesar Rp. 97.673.000, 
 
Sementara itu, penerimaan zakat fitrah berupa beras dari anggota KORPRI sebanyak 150 orang x 2,6 kg sehingga terkumpul sebesar 390 kg, dari PT. Inti Dragon Suryatama sebesar 400 kg, dari PT. Bumi Indo sebesar 150 kg. Sehingga jumlah penerimaan beras 940 kg.
 
Syamsuri Arif juga menegaskan pembagian zakat dan infaq berupa uang, untuk mereka yang menitipkan uang untuk zakat fitrah dibelikan beras sebesar 2,6 kg/per orang sehingga menjadi 7.183,8 kg dengan harga @Rp. 27.500,- /kg sehingga terkumpul sebanyak 2.763 paket. Selanjutnya seluruh perolehan diserahkan ke BAZ Kota Mojokerto sebesar Rp. 75.983.500,- Penyaluran infaq sebesar Rp. 21.580.500,- dibagikan untuk tiga panti asuhan  masing-masing lembaga sebanyak 500 ribu rupiah,  penjaga kantor, petugas kebersihan kantor/dinas/instansi se kota Mojokerto sebanyak  241 orang terdiri dari uang masing-masing sebesar 500 ribu, berupa gula dan minyak masing-masing 25 ribu rupiah, masing-masing juga diberi beras 2,6, paket fitrah dari BAZ Kota Mojokerto. Anggaran seluruhnya  sebesar Rp. 97.673.000,-
 
 Dalam sambutannya, Walikota mengatakan kegiatan pentasyarufan zakat fitrah dan maal ini merupakan agenda tahunan, dan ini bentuk pelaksanaan dari Undang Undang no 23 tahun 2011 Peraturan Pemerintah no 14 taun 2014, dan Inspres no 3 tahun 2014 serta SE Mendagri no 159, juga pelaksanaan Perda No 3 tahun 2010 yang kesemuanya adalah untuk meningkatkan optimalisasi pengumpulam zakat fitrah dan maal yang pengelolaannya BAZNAS  sesuai dengan aturan dan syariat Islam.
 
Dijelaskan Mas’ud, dari tahun ke tahun pengumpulan zakat dan infaq terus mengalami peningkatan. “Untuk tahun ini zakat maal bulan Januari sampai 23 Juli ini di BAZ Kota Mojokerto terkumpul 535 juta. Akhir desember InsyaAllah bisa mencapai 1 Milyar. Uang tersebut diberikan untuk fakir miskin yang diberikan dalam berbagai bentuk program, seperti pendidikan untuk  membantu anak-anak dari keluarga tidak mampu agar bisa sekolah sampai tamat SMA.
 
Sebanyak 157 anak yang dibiayai dari BAZ. Karena itu jangan sampai punya anak tidak sekolah, kalau kesulitan dana untuk sekolah silahkan hubungi BAZ Kota Mojokerto,” tegasnya.
 
Selain itu, Mas’ud menjelaskan modal usaha juga diberikan kepada yang membutuhkan, dalam bentuk hibah. “Cukup menyertakan foto copy KK, KTP, surat Keterangan tidak mampu, kemudian BAZ akan melakukan survey apakah layak atau tidak mendapat bantuan. BAZ tiap tahun juga masih terus melaksanakan program perbaikan rumah untuk yang tidak mampu, karena tidak ingin ada rumah tidak sehat,” katanya.
 
Sedangkan untuk bantuan biaya hidup juga diberikan BAZ Kota Mojokerto untuk 83 orang yang hidupnya sebatang kara sebesar 200 ribu tiap bulan untuk menebus beras raskin. “Selain itu BAZ membagikan Paket idul fitri sebanyak 4.000 paket untuk warga kota di masing-masing kelurahan untuk meringankan beban masyarakat dalam menyongsong idul fitri,” terangnya.
 
Walikota juga menyampaikan bahwa zakat bukan hanya soal agama, tapi sudah diatur oleh pemerintah. Oleh karenanya sebagai kepala daerah, Mas’ud selalu mengingatkan dan memberi motivasi kepada para muzaqi untuk mengeluarkan zakat dan infaq. 
Dalam kesempatan ini Walikota menyerahkan secara simbolis beras kepada Wakil Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Mojokerto, juga kepada para penerima zakat dan infaq. (Rr)
     Sumber : Sistem Informasi Pemerintahan Mojokerto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar